Akibat Prilaku Jorok


Di  suatu  sekolah  yang  indah,sejuk,bersih,rindang  dan nyaman  terdapat  siswa-siswa  yang  sangat  peduli  dengan  lingkungan, namun  ada  beberapa  anak  yang  tidak  peduli dengan lingkungan bahkan suka merusak lingkungan.

Siswa yang suka merusak lingkungan itu bernama Yoga dia sekarang sudah kelas dua SMP.Yoga adalah anak yang sangat jorok,ia sering tidak mandi saat kesekolah karena bangunnya kesiangan.Ia juga malas menggosok gigi dan yang paling membuat teman-teman sekelasnya kesal dia selalu membuang sampah sembarangan.Terkadang ia membuang sampah di kolong meja,di lantai,di taman sekolah dan di jalan.

Yoga juga mempunyai teman yang tidak kalah jorok dengannya,namanya Rio.Rio adalah teman sebanku Yoga.Rio adalah anak yang suka memanjangkan kuku,jajan sembarangan dan tidak pernah mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Ia juga tidak suka makan sayur-sayuran,padahal sayur itu sangat baik untuk kesehatan. Berbeda dengan Yoga yang badannya kurus kering, Rio berbadan gemuk dan perutnya buncit.

Tidak hanya di sekolah kebiasaan buruk Yoga dan Rio juga di lakukan di rumah.Misalnya setelah pulang sekolah Yoga tidak  berganti baju dan makan siang ia hanya menaruh tas dan langsung pergi bermain bersama teman-temannya.

Padahal orang tua Yoga selalu menasehatinya namun nasehat dari orang tuanya hanya masuk telinga kiri keluar telinga kanan artinya tidak di hiraukan sama sekali.Kebiasaan Rio juga tidak terlalu berbeda dengan Yoga, yang ada di fikirannya hanya makan,makan dan makan. Seperti kebiasannya di sekolah ia tidak pernah mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, jika ibunnya memasak sayuran ia tidak mau memakannya.

Keesokan harinya saat upacara,kepala sekolah memberitahukan bahwa sekolah mereka akan mengikuti lomba sekolah sehat.Mendengar berita itu keduanya sangat kesal mereka tidak suka jika harus bersih-bersih.Padahal semua temannya merasa senang dan bangga sekali.

Keesokan harinya di sekolah itu di adakan kegiatan kebersihan kelas.Namun Yoga dan Rio malas untuk mengikuti kegiatan itu.Jangankan untuk bersih-bersih membuang sampah pada tempatnya saja mereka tidak mau. 

Namun dengan terpaksa mereka berdua ikut membersihkan kaca jendela karena di suruh gurunya.Tetapi sebelum kegiatan itu selesai, mereka sudah pergi ke kantin.Lagi-lagi Rio tidak mencuci tangan sebelum makan, padahal tangannya sangat kotor karena habis bersih-bersih.Sedangkan Yoga membeli es buah namun ia tidak membuang plastiknya ketempat sampah,ia malah membuang di lantai begitu saja.

Saat ia akan pergi ke kamar kecil,ia berlari karena sudah tidak tahan dan akhirnya dia terpeleset oleh plastik yang ia buang tadi. Kakinya terkilir  dan harus di larikan ke rumah sakit.

Tidak lama kemudian Rio berteriak kesakitan.Dia merasa perutnya sakit sekali.Kemudian ia juga di bawa ke rumah sakit.Kata dokter Rio sakit cacingan.Ia di rawat selama 5 hari di rumah sakit.

Kemudian Yoga dan Rio kembali masuk ke sekolah.Mereka berdua duduk berdampingan dan berjanji akan hidup sehat dan tidak akan mengulangi kebiasaan buruknya lagi.Teman-teman dan gurunya sangat senang dengan perubahan sikap mereka ia di tunjuk sebagai pelopor kebersihan di sekolahnya.