POTENSI SMP NEGERI 1 GUDO SEBAGAI SEKOLAH ADIWIYATA


Sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Negeri I Gudo telah mencukupi baik jumlah maupun kelayakan, begitu juga dengan kondisi fisik dan psikis siswa dengan input perolehan NUN SD yang tinggi di tingkat kecamatan sangat menunjang terhadap kegiatan pembelajaran baik akademik maupun non akademik.

Luas tanah 14.852 m2 sangat menguntungkan bagi SMP Negeri I Gudo untuk memenuhi kebutuhan akan ruang belajar yang memadai dan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, terlebih lagi di sekitar sekolah masih terdapat areal persawahan yang luas, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan udara yang sehat.

Letak SMP Negeri I Gudo cukup strategis karena berada di tepi jalan raya yang berdekatan dengan kantor kecamatan,Polsek dan Koramil. Kerjasama dengan instansi terkait sangat mudah untuk dilakukan. Secara periodic SMP Negeri I Gudo menjalin kerjasama dengan Polsek dalam rangka pembinaan kenakalan remaja dan narkoba.

Bersama dengan Koramil Gudo,siswa siswi kelas 7 dan kelas 8 mendapatka pelatihan baris berbaris. Dibawah pengawasan Puskesmas Gambang, siswa siswi seluruh kelas mendapatkan layanan berkala dalam hal kesehatan gigi dan mulut, mata, telinga dan anemia.

Peran serta wali murid yang dipelopori pengurus komite sekolah sangat besar dalam kemajuan pendidikan, komite sekolah selalu terlibat dalam penyusunan RKAS, kegiatan lomba, olimpiade dan memutuskan segala hal yang menyangkut kebutuhan siswa.

Kondisi masyarakat Gudo yang heterogen dengan mayoritas penduduk beragama Islam yang taat menjalankan agamanya, juga adanya klenteng tertua memberikan keuntungan tersendiri dalam hal toleransi beragama.

Adanya home industri manik manik di desa Plumbon Gambang Gudo yang sudah dikenal masyarakat banyak, bahkan sampai ke luar negeri mendorong SMP Negeri I Gudo untuk melaksanakan pendidikan yang berwawasan kewirausahaan dan berwawasan lingkungan.